Persamaan dan perbedaan komunitas vs club

Sering kita mendengar dua kata itu bahkan secara tidak sadar sebenarnya kita sudah menjadi anggota dari di antara dua kata itu..
Mari kita coba memaknai nya cari persamaan nya sebelum sampe pada perbedaan nya
Komunitas…???
Club…..???
Menurut sy semua orang yg hidup bermasyarakat otomatis menjadi anggota komunitas, kenapa ?? Karena komunitas itu adalah sekelompok orang yang mengikatkan diri nya untuk berada dalam satu kelompok manusia yang mempunyai kesamaan dalam tujuan, visi dan misi tanpa melihat latarbelakang profesi, hobby, kepemilikan harta benda dan lain lain yang sama jadi semua bisa membaur dalam satu kelompok…
Itu lah komunitas lebih fleksible dan humanis meminimalisir perbedaan yg ada…
Naahh…club itu apa..???
Tidak semua masyarakat otu anggota club meskipun dia sudah menjadi anggota komunitas…kenapa ???
Karena Club itu adalah sekelompok orang yang mengikatkan diri dalam satu kelompok organisasi berdasar alasan kesamaan..bisa kesamaan hobby, kesamaan harta benda yg di miliki, kesamaan armada yg di punyai dan lain lain…sifat nya kurang fleksible dan kurang lentur karena lebih bersifat subyektif..

Namun demikian antara komunitas dan club itu kalo sudah terlalu kuat ikatan rasa yg di miliki antar member biasa nya akan mengutamakan silaturahmi sehingga sudah tidak di butuhkan aturan yang kolot dengan kata “harus” tapi lebih fleksible.. dengan mengatas namakan rasa….rasa saling butuh, saling sayang, saling terikat dll…
Objek yg tadi nya menjadi syarat untuk gabung lambat laun akan bergeser menjadi simbol untuk mempersatukan bukan lagi syarat untuk gabung..
Misal club mobil, meskipun mobil sudah di jual atau sudah berganti mobil tapi seseorang masih bisa menjadi anggota club tertentu..tdk harus keluar, semua itu karena rasa lah yg bicara, rasa lah yg menjadi dasar buat bersatu dalam club tersebut..

Demikian ulasan sedikit tentang komunitas dan club, lebih dan kurang mohon maaf..monggo di koreksi jika ada yg salah..

CMIW…

BY. UNTUNG RAHARJO

Ketua Chapter SERGAP
Kabid Humas&sosial PPSECI

5 thoughts on “Persamaan dan perbedaan komunitas vs club

  • March 17, 2018 at 12:24 pm
    Permalink

    Mantab om. . . Salam dari SECI Chapter Muria Kota Kretek Kudus. .

    Reply
  • March 21, 2018 at 8:47 am
    Permalink

    Luaaaaarr biaasssaaaaaaa….!!!!

    Reply
  • March 21, 2018 at 8:48 am
    Permalink

    Luaaaaarr biaasssaaaaaana….!!!!

    Reply
  • August 16, 2018 at 2:12 am
    Permalink

    kedua nya memiliki tujuan dan maksud hampir sama sih. namun alangkah baiknya setiap masing-masing kelompok memiliki tujuan baik seperti embuat kegiatan berbagi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *